Jumat, 02 Juli 2010

Nenek moyangku seorang pelaut? Bener ga ya..

nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa
angin bertiup layar terkembang
ombak berdebur di tepi pantai
pemuda berani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai

Itu lagu mungkin sudah banyak yang tau, saya sendiri sudah tahu bahkan hafal dari SD dulu, lagu yang menggambarkan gagahnya nenek moyang kita sebagai seorang penjelajah lautan, yang mampu berlayar ke seantero lautan. Dan memang hal itu terjadi lo, “jika sebuah Negara punya misi kelautan yang JELAS, maka kita tunggu saja kehebetan dia nanti.” Itu yang di katakan seorang Dosen di sela-sela kuliahnya.
Kita lihat sejarah ya, Kerajaan Sriwijaya Di Palembang, merupakan Kerajaan Maritim yang sangat maju di Indonesia kala itu, Sriwijaya menjadi pusat Perdagangan, pendidikan serta Agama ( saat itu budha), wilayah kekuasaannya hampir mencangkup semua Nusantara saat ini, bahkan sebagian Negara Asean pula.

Kemudian kita lihat Kerajaan Majapahit, yang juga punya Misi kelautan yang besar, menjadikan Kerajaan ini sebagai penguasa Asean saat itu, mempunyai armada laut yang sangat kuat, menjadikan Kerajaan Majapatih menjadi Negara yang sangat Hebat, pelabuhan-pelabuhannya ramai oleh pedagang dari penjuru dunia, Cina, Arab, Gujarat dan lainnya. lalu di susul dengan kerajaan-kerajaan yang juga masih menjadikan laut sebagai Visi utamanya, dan kerajaan ini tersebar di semua pelosok nusantara. Di Aceh ada Kerajaan Samudra Pasai dan Aceh (ga sezaman ni ya..), di Jawa Barat ada Kerajaan Cirebon dan Banten, Jawa Tengah Kerajaan Demak, Sulawesi Kerajaan Gowa, Maluku Kerajaan Ternate dan Tidore, serta kerajaan-kerajaan lain yang memang kesemuanya berorientasi ke Laut, menjadikan pelabuhan-pelabuhan yang mereka miliki sebagai Pusat perdagangan, baik itu hasil bumi seperti Rempah-rempah, serta komoditas lainnya pula.

Lah, terus kenapa sekarang Wawasan Kemaritiman dan Semangat Kemaritiman “orang-orang” Indonesia kebanyakan hilang dan tidak lagi berorientasi ke laut, bahkan lebih ke arah ke-Agraris-an. Klo tuk masalah ini, kita kembali ke sejarah deh, setelah Kerajaan-Kerajaan Di Nusantara tidak lagi kuat, maka Penjelajah (Portugis, Belanda)dari Eropa yang dulu hanya berniat tuk berdagang secara perlahan sedikit memaksa kehendak meraka dengan memonopoli perdagangan, kemudian lama-kelamaan menjadi PENJAJAH di Nusantara ini. Penjajah yang memang Doyan mengamati, tahu sekali jika Orang-orang Nusantara kala itu tetap di biarkan dekat dengan laut, maka akan di khawatirkan muncul kekuatan yang dapat melawan penjajah serta Akan munculnya kembali semangat kemaritiman di Masyarakat Nusantara.

Maka dari itu, penjajah mengalihkan Perhatian kita saat itu yang tadinya berorientasikan Kelautan, menjadi perpandangan ke daratan, dengan tujuan tadi, agar Semangat kemaritiman tak lagi muncul atau mandek. Contoh jelas dalam sejarah seperti pembagian Kerajaan Mataram Dulu menjadi Kesultanan Solo dan Jogja, yang memang tidak berada di daerah pesisir kembali seperti kerajan-kerajaan terdahulu.

Terus setelah itu apa yang terjadi? Ya setelah itu, jadilah Masyarakat Indonesia masyarakat petani dan penggaram lahan, bahkan harus memenuhi keinginan Penjajah dengan system Tanam Paksanya. Dan warisan Ke Agrarisan itu pun tetap bertahan hingga Nusantara sekarang Menjadi Indonesia.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar Semangat KEmaritiman Indonesia kembali? Banyak hal yang bisa kita lakukan, antara lain belajar dari sejarah tentang kehebatan Nusantara dulu dengan kemaritimannya, tujuannya bukan untuk berbangga-bangga tak berguna, namun menjadi pelajaran untuk kita bagaimana bisa seperti itu lagi. Kemudian kita bisa mengetahui potensi-potensi yang sangat banyak terkandung di lautan Indonesia, bukan hanya Perikanan, namun juga lainnya, seeprti MInyak bumi ( pertambangan lepas pantai), energy Ombak atau gelombang, keanekaragaman Hayati, Potensi Pariwisata, serta banyak lagi potensi-potensi lain yang kita miliki.
Sehingga dengan mengetahui semuanya tentang laut kita, kita di harapkan menjadi Negara Maritim kembali, dan dengan Semangat KEMARITIMAN kita bangun Indonesia menjadi Negara Kelautan yang hebat.

Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment yo..